Apa yang bisa kami bantu untuk Anda?
FAQ DIVISI BILLING COLLECTION
BILLING COLLECTION
Tentang Tagihan/Billing Badan Pengelola Apartemen Taman Rasuna (BPATR)

Tagihan/Billing BPATR adalah periode tagihan yang di buat selama satu bulan.

Komponen pada billing untuk tagihan berjalan terdiri dari :
1. Common area ( CA )       : Tagihan listrik untuk area bersama yang ditagihkan di setiap bulannya.
2. Iuran Anggota  ( IA/DI )   : Iuran keanggotaan penghuni.
3. Sinking Fund ( SF )          : Dana cadangan untuk jangka panjang seperti perbaikan atau penggantian pipa - pipa korosi.
4. Service Charge ( SC )      : Iuran pengelolaan perbulan.

Sedangkan Untuk tagihan pemakaian air berbeda dengan tagihan lainnya seperti CA, DI , SF, dan SC.
Pemakaian air yang terdapat di billing bulan berjalan merupakan pemakaian air 2 bulan sebelumnya  dihitung dari tanggal 16 sampai dengan 15 bulan sebelumnya.
Contoh : 

Periode billing  Periode Pemakaian Air
Juni 16 Apr - 15 Mei
 

Pengiriman Tagihan adalah periode pengiriman tagihan yang terdapat tanggal jatuh tempo pembayaran

Periode dan tanggal pengiriman tagihan

  • Periode tagihan mulai tanggal 26 bulan berjalan sampai dengan tanggal 25 bulan selanjutnya.
  • Pengiriman Tagihan dilakukan mulai dari tanggal 26.

Tagihan Penghuni ATR akan dikirimkan melalui:
  • Email    : Pengiriman tagihan melalui email akan dilakukan mulai tanggal 27 – 30 bulan berjalan
  • Website:  Proses Upload tagihan di website akan dilakukan mulai tanggal 26 – 30 bulan berjalan

Berikut ini adalah beberapa hal penting pada lembar tagihan yang perlu diketahui:

  • Total Tagihan sebelumnya/ Previous balance adalah Tagihan yang di tagihkan pada billing dibulan sebelumnya.
  • Tagihan Baru/ Current Billing adalah Tagihan yang di tagihkan untuk bulan berjalan.
  • Total Pembayaran sebelumnya/ Previous Payment adalah pembayaran yang dilakukan untuk tagihan bulan sebelumnya.
  • Tagihan bulan ini / Ending Balance adalah tagihan yang harus dibayarkan dengan jatuh tempo tanggal 25 di bulan berikutnya.
  • Untuk tagihan pemakaian air berbeda dengan tagihan lainnya seperti service charge, Iuran Anggota, Sinking Fund dan Water Maintenance dan Water Fixed. Nominal Pemakaian air atau Water usage  selalu berubah – ubah sesuai pemakaian air di unit tersebut. Pemakaian air yang terdapat di billing bulan berjalan merupakan pemakaian air 2 bulan sebelumnya  dihitung dari tanggal 16 sampai dengan 15  bulan sebelmunya. ( Penjelasan pada point no.1 ) Sesuai dengan TATIB bagian VI nomer 6.1 Listrik & Air (Utilitas) https://www.tamanrasuna.id/artikel-50-peraturan-dan-tata-tertib-penghuni-atr

  • Tenant ATR dapat ke helpdesk untuk mengajukan cut off air .
  • Tenant membawa Form cut off air ke kasir untuk dibayarkan.
  • Setelah dibayarkan tenant dapat ke loket customer service untuk dibuatkan WO terkait  pemakaian air yang harus di bayarkan di bulan berikutnya.
  • Setelah Penghuni mendapatkan tagihan pemakaian air tsb, penghuni/ tenant dapat menyerahkan ke pihak Owner untuk ditindaklanjuti sesuai perjanjian owner dan tenant masing – masing.

Bila Penghuni ATR tidak melakukan pembayaran iuran bulanan setelah jatuh tempo, maka akan dilakukan pemutusan utilitas air dan akan dikenakan denda aktivasi sebesar Rp. 50,000,-. Keterlambatan pembayaran juga akan mengakibatkan tidak tercetaknya pembayaran di tagihan bulan berikutnya.

Pemutusan utilitas air dimulai setiap tanggal 1 bulan berikutnya selama 5 hari kerja secara bergiliran sesuai dengan kebijakan dari management badan pengelola.

Adapun jadwal pembagian berdasarkan tower :

  1. Tower 1 dan 2
  2. Tower 6,7,10
  3. Tower 8,9
  4. Tower 11,12,14
  5. Tower 15, 16, 17

Pembayaran tagihan di BPATR menggunakan metode cashless. BPATR tidak menerima pembayaran dengan menggunakan uang tunai.

Penghuni ATR dapat membayar tagihan melalui :

  1. Virtual Account
  2. Kasir BPATR

Virtual Account adalah rekening tidak nyata (virtual). Virtual Account itu sendiri berisikan nomor ID customer yang dibuat (sesuai permintaan perusahaan) untuk melakukan transaksi. Setiap satu transaksi, customer akan mendapatkan satu nomor ID Virtual Account yang disebut Virtual Account Number. Virtual Account Number tersebut unik dan berbeda tiap customer. Jadi, ketika anda membayar tagihan melalui Virtual Account maka konfirmasi pembayaran akan berlangsung otomatis. P3SRS telah bekerja sama dengan berbagai bank konvensional maupun swasta seperti Bank BRI, BCA, Mandiri, DKI dan Tokopedia. Sehingga, anda tidak perlu susah- susah untuk mengirimkan bukti struk transfer. Lebih cepat, mudah, simpel dan efisien.

Berikut ini adalah manfaat atau keuntungan dari pembayaran menggunakan Virtual Account, yaitu : 

  • Cepat dan Praktis. Anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran melalui bukti struk transfer. Pembayaran tagihan menjadi lebih mudah karena setiap satu transaksi, customer akan mendapatkan satu nomor ID Virtual Account (Virtual Account Number) unik sesuai dengan nominal transaksi.
  • Riwayat Transaksi beserta Detailnya untuk Rekonsiliasi Keuangan. Semua pembayaran yang telah berhasil akan direfleksikan secara real time pada P3SRS beserta detail transaksinya. Seperti nomor dan nama Virtual Account, bank, dan nominal yang dibayarkan. Seluruh riwayat ini bisa disesuaikan dengan status dan tanggal transaksi dan di download dalam bentuk laporan. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk monitor seluruh pembayaran yang masuk dan melakukan rekonsiliasi keuangan.
  • Jenis Virtual Account Sesuai Kebutuhan. Salah satu keuntungan penggunaannya adalah pengaturan yang bisa dilakukan untuk jenis Virtual Account, hal ini bisa dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Pengaturan tersebut bisa dilakukan agar nomornya tetap atau berubah-ubah, penerimaan.

Perbedaannya yaitu apabila anda melakukan Manual Transfer, setelah proses transfer selesai maka anda harus melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengirimkan bukti struk transfer atau screenshot mBanking. Namun dengan Virtual Account ini, anda tidak perlu repot- repot mengirimkan bukti struk transfer. Langsung saja bayar sesuai nilai invoice(tagihan). Ketika pembayaran telah sukses, maka billing akan langsung mengenali transaksinya. Tunggu sebentar, maka produk P3SRS yang anda pesan dapat segera digunakan. Oiya satu lagi. Ketika melakukan Manual Transfer anda harus membayar sesuai dengan nomor rekening bank yang Kami miliki. Tetapi, Virtual Account tidak begitu. Nomor ID Virtual Account tersebut akan berubah setiap kali ada transaksi.

Untuk mempermudah para customer dalam melakukan pembayaran, telah bekerja sama dengan berbagai Bank di Indonesia dan Tokopedia untuk menerbitkan Virtual Account. Anda dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan Virtual Account melalui Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank DKI dan Tokopedia. Virtual Account adalah salah satu metode pembayaran yang praktis, cepat, simpel tanpa harus melakukan konfirmasi pembayaran.

Untuk melihat dan mengunduh petunjuk cara pembayaran melalui Virtual Account, silahkan klik link berikut ini :
Cara Pembayaran Melalui Virtual Account

Pembayaran yang dilakukan melalui Virtual Account dapat dilakukan pada awal bulan setelah BPATR unggah/upload tagihan baru.

Sistem upload Virtual Account Mandiri, Virtual Account BRI, Virtual Account DKI dan Virtual Account Tokopedia menggunakan sistem sekali upload. sehingga pada awal bulan, tenant ATR sudah dapat melakukan pembayaran untuk semua tagihan.

Untuk sistem upload Virtual Account BCA dilakukan secara bertahap, dikarenakan sistem VA BCA tidak dapat menggunggah/mengupload secara bersamaan.

Berikut jadwal upload VA BCA :

  • Tanggal 29 adalah untuk Tagihan ALL dan Service Charge (SC).
  • Tanggal 30 adalah untuk Tagihan Air, CA, CA+AIR dan Denda Aktivasi Air.

Penarikan data pembayaran Virtual Account dilakukan pada H+1 hari kerja setelah dilakukannya pembayaran.

Pembayaran dilakukan paling lambat tanggal 25 (dibulan yang sama) pada pukul 16:00 wib.

Jika tanggal 25 tersebut jatuh pada hari Sabtu/Minggu/tanggal merah, maka pembayaran akan muncul di sistem pada H+3.

Tenant ATR dapat datang ke Customer Service BPATR dengan melampirkan bukti pembayaran ATM/Mobile Banking lalu, Customer Service akan memproses ke Billing Collection untuk dibuatkan bukti bayar penginputan Virtual Aaccount.

Tagihan berbeda disebabkan karena cut off terakhir yang tertera pada billing statement s.d tanggal 25 pukul 16:00 wib, sedangkan tagihan di Virtual Account update s.d tanggal 28 setiap bulannya.

Metode pembayaran tagihan

a. Virtual Account Mandiri
Nomor Virtual Account MANDIRI :

Kode untuk pembayaran
ALL 50236 - 01011
Service Charge 50236 - 010111
Air & CA 50236 - 010112
Denda Aktivasi 50236 - 010113
Common Area 50236 - 010114
Air tanpa CA 50236 - 010115

LANGKAH-LANGKAH TRANSAKSI MELALUI MANDIRI ATM -  BILLER CODE 50236– PPATR, sebagai berikut:
  • Masukkan kartu ATM
  • Kemudian pilih BAHASA INDONESIA
  • Ketik nomor PIN kartu ATM, kemudian tekan ENTER
  • Pilih menu BAYAR/BELI
  • Pilih menu MULTIPAYMENT
  • Ketik Kode Perusahaan, yaitu ”50236” (PPATR), tekan BENAR Atau Klik DAFTAR KODE . cari kode PPATR, yaitu 50236
  • Isi NO VA, kemudian tekan BENAR
  • Muncul rincian tagihan pembayaran. Pilih nomor “Total”, kemudian tekan YA.
  • Muncul konfirmasi pembayaran. Tekan YA untuk melakukan pembayaran.
  • Bukti Pembayaran dalam bentuk STRUK agar disimpan sebagai bukti pembayaran yang sah dari Bank Mandiri.

LANGKAH-LANGKAH TRANSAKSI MELALUI INTERNET BANKING MANDIRI
  • Masukkan User ID dan Pin Internet Banking
  • Kemudian pilih Kirim
  • Pilih menu BAYAR
  • Pilih menu MULTIPAYMENT
  • Pilih rekening sumber pendebetan
  • Pilih penyedia jasa PPATR
  • Isi NO VA, kemudian klik Lanjutkan (C/: 0103A berarti 01031)
  • Muncul rincian tagihan pembayaran
  • Tikmark kolom konfirmasi klik Lanjutkan
  • Masukan respon number dari token ke dalam kolom Internet Banking
  • Pilih kirim dan selesai

LANGKAH-LANGKAH TRANSAKSI MELALUI MANDIRI ONLINE
  • Masukkan User ID dan Pin Internet Banking
  • Kemudian pilih Masuk
  • Pilih menu Pembayaran
  • Pilih menu Multipayment
  • Pilih rekening sumber pendebetan
  • Pilih penyedia jasa PPATR
  • Isi NO VA, kemudian klik Lanjutkan ( C/: 0103A berarti 01031)
  • Muncul rincian tagihan pembayaran
  • Isi kolom deskripsi (remark/berita)
  • Tikmark kolom konfirmasi klik Lanjut
  • Masukan respon number dari token ke dalam kolom Internet Banking
  • Pilih kirim dan selesai.


b. Virtual Account BCA
Nomor Virtual Account BCA :
Kode untuk pembayaran
ALL 02617 - 0000001011
Denda Aktivasi 02617 - 00000010113
Service Charge 04873 - 00000010111
Air & CA 04873 - 00000010112
Denda Aktivasi 04873 - 00000010113
Common Area 04873 - 00000010114
Air tanpa CA 04873 - 00000010115

LANGKAH - LANGKAH TRANSAKSI BCA VIRTUAL ACCOUNT MELALUI ATM/ANT/SETOR TUNAI:
  • Pilih Menu Transfer - Ke Rek BCA Virtual Account
  • Masukkan Nomor BCA Virtual Account, lalu pilih benar
  • Layar ATM akan menampilkan konfirmasi transaksi:
  • Pilih Ya bila setuju, atau tidak jika tidak sesuai
  • Ikuti langkah selanjutnya sampai transaksi selesai.

LANGKAH -LANGKAH TRANSAKSI BCA VIRTUAL ACCOUNT MELALUI M-BCA (BCA-Mobile):
  • Pilih m-Transfer
  • Pilih Transfer - BCA Virtual Account
  • Pilih nomor rekening yang akan didebet
  • Masukkan nomor BCA Virtual Account, lalu pilih ok
  • Tampil konfirmasi nomor BCA Virtual Account dan rekening  pendebetan, lalu kirim
  • Tampil konfirmasi pembayaran, lalu pilih ok
  • Ikuti langkah selanjutnya sampai transaksi selesai

LANGKAH -LANGKAH TRANSAKSI BCA VIRTUAL ACCOUNT MELALUI KLIK BCA Individu:
  • Pilih menu Transfer Dana - Transfer Ke BCA Virtual Account
  • Masukkan nomor BCA Virtual Account, atau pilih dari Daftar Transfer
  • Akan Tampil konfirmasi transaksi
  • Ikuti langkah selanjutnya sampai transaksi selesai


c. Virtual Account BRI
Nomor Virtual Account BRI :
Kode untuk pembayaran
ALL 31186 - 0000001011
Common Area 31187 - 0000001011
Service Charge 31187 - 0010001011
Air 31187 - 0020001011
Air & CA 31187 - 0030001011
Denda Aktivasi 31187 - 0040001011
Denda 500.000 31187 - 0050001011
Denda 1.000.000 31187 - 0100001011
Denda 5.000.000 31187 - 0500001011

Melalui Transfer ATM BRI (1)
  • Pilih menu Transaksi Lain, kemudian pilih menu Pembayaran
  • Setelah itu klik Menu Lainnya, lalu pilih menu.
  • Masukkan nomor rekening dengan nomor Virtual Account Anda Lalu pilih Benar.
  • Ketika muncul konfirmasi pembayaran, silahkan pilih Ya.
  • Transaksi telah selesai dan silahkan ambil bukti pembayaran anda.

Melalui Internet Banking (2)
  • Silahkan login Internet Banking, kemudian pilih Menu Pembayaran.
  • Lalu pilih menu Brivia.
  • Masukkan nomor rekening dengan nomor Virtual Account Anda kemudian klik Kirim.
  • Setelah itu, masukkan password serta mToken internet banking.

Melalui Mobile Banking (3)
  • Silahkan login Mobile Banking, lalu pilih menu Pembayaran.
  • Setelah itu klik menu Brivia.
  • Masukkan nomor rekening dengan nomor Virtual Account Anda. Lalu pilih Benar dan jangan lupa tuliskan jumlah nominal tagihan yang ada di invoice.
  • Lalu masukkan PIN Mobile Banking dan klik Kirim.
  • Transaksi sudah selesai. Bukti pembayaran anda akan dikirimkan melalui notifikasi SMS.

Melalui antar Bank ke BRIVA
  • Silahkan menggunakan metode yang tertera pada point 1/2/3.
  • Masukan jumlah pembayaran sesuai dengan tagihan.

Melihat tren alat pembayaran non tunai serta budaya masyarakat yang semakin bergeser ke dunia digital ini, tentunya Anda harus mulai memikirkan untuk menawarkan variasi opsi metode pembayaran tanpa tunai tersebut.

Mari kita lihat poin-poin berikut mengenai manfaat beralih ke alat pembayaran non tunai atau tanpa uang tunai dan mengapa usaha Anda harus mulai lebih merangkul masyarakat tanpa uang tunai!


1. Proses Transaksi & Layanan yang Lebih Cepat
Dengan semakin maraknya penggunaan mesin edc yang sejalan dengan pembayaran tanpa tunai, proses pembayaran menggunakan tunai biasanya akan memakan waktu lebih banyak dibandingkan metode alat pembayaran non tunai.

Penghuni/warga harus mencari-cari sejumlah uang tunai, kasir akan melakukan input, lalu mencarikan uang kembalian juga.

Secara umum, pembayaran tanpa tunai ini berarti, lebih sedikit penghitungan dan perubahan serta lebih banyak produktivitas. Mungkin memang pergerakan menuju budaya tanpa tunai ini merupakan langkah alami untuk mencapai efisiensi waktu, proses, serta produktivitas.


2. Perkuat Keamanan dan Kurangi Fraud

  • Secara simpel, kotak kas biasanya menjadi target utama para pencuri. Namun, dengan tidak memiliki uang tunai atau setidaknya, lebih sedikit uang tunai di dikantor, dan mengurangi resiko kehilangan akibat pencurian. Dengan alat pembayaran non tunai, dapat mengurangi potensi adanya fraud atau penipuan dari luar maupun dari dalam perusahaan. Transaksi jenis ini akan langsung masuk ke daftar secara otomatis. Dengan rekapan manual yang dilakukan oleh staf kasir, potensi adanya penipuan yang dilakukan karyawan tentunya akan jauh lebih tidak terdeteksi jika dibandingkan dengan rekapan dan jumlah transaksi yang akan langsung masuk dan tercatat pada sistem.
  • Meminimalkan resiko negatif dan mencegah terjadinya pembayaran dengan uang palsu.


3. Pembukuan Menjadi Lebih Mudah
Rekonsiliasi uang tunai pada setiap akhir hari biasanya memakan waktu dan juga sangat memungkinkan adanya kesalahan manusia. Sementara di sisi lain, transaksi menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau aplikasi akan secara otomatis berekonsiliasi dengan bank Anda dan tercatat secara otomatis dan juga secara real-time.​​

Yang dimaksud dengan double bayar :

  • Penghuni ATR melakukan pembayaran melalui kasir BPATR danvirtual account untuk jangka waktu yang berdekatan (di bulan yang sama).
  • Penghuni ATR melakukan pembayaran bersamaan dengan upload VA tagihan baru.

Bagaimana jika hal tersebut terjadi?
  • Jika tidak ada konfirmasi dari pihak Penghuni ATR, Pembayaran pertama akan masuk terlebih dahulu untuk melunasi tagihan. Sedangkan, pembayaran kedua atau kelebihan pembayaran akan dijadikan advancedan selanjutnya Billing & Collection Departement akan mengalokasikan pembayaran kedua/ kelebihan pembayaran tersebut untuk tagihan bulan berikutnya.
  • Atau Penghuni ATR dapat menghubungi/datang ke tenant relation dengan membawa/ melampirkan bukti bayar yang untuk selanjutnya akan di follow up kepada pihak billing & collection untuk di crosscheck pembayarannya. Jika Penghuni melaporkan hal tersebut di hari yang sama setelah kejadian, Maka peghuni dapat mengajukan refund dengan alasan yang relevan.

Persyaratan Refund kelebihan pembayaran :

  • Melampirkan bukti bayarkedua pembayaran tersebut
  • Fotokopi KTP
  • Membuat lampiran alasan melakukan refund (contoh: sewa telah habis di bulan depan maka kelebihan pembayaran tidak dapat dijadikan advance untuk pembayaran tagihan selanjutnya)
  • Proses refund selama 14 hari kerja

Cara menghindari antrian di kasir adalah dengan melakukan pembayaran melalui Virtual Account untuk Service Charge, Air dan Common Area serta denda aktivasi

Untuk pembelian token listrik bisa melalui aplikasi WhatsApp listrik online.

Pembayaran dengan Debit Card pada mesin EDC  (Electronic Data Capture) dikenakan charges karena BPATR adalah perusahaan nirlaba atau non profit. BPATR tidak melakukan Mark Up harga. Bagi perusahaan nirlaba seperti BPATR, pembebanan MDR akan diberlakukan pada konsumen ( Penghuni ATR ).

​​​​MDR ( Merchant Discount Rate ) perusahaan adalah potongan atau fee yang diminta bank untuk setiap transaksi yang menggunakan EDC milik bank tersebut. Umumnya MDR berkisar antara 1-3 persen.


KATEGORI MDR
ON US OFF US
Debit Card 0.15 % 1%
Credit Card 2% 2%

Berikut terlampir Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional (National Payment Gateway) :

https://www.bi.go.id/id/peraturan/sistem-pembayaran/Pages/pbi_190817.aspx

  • Lakukan pembayaran paling lambat tanggal 25 pukul 16:00.
  • Selalu cek bukti pembayaran setelah melakukan transaksi dikasir/ VA apakah sudah benar unit dan tagihan yang dibayarkan.
  • Pastikan pembayaran tersebut telah berhasil dilakukan.

  • Segera lakukan pembayaran dikasir atau melalui virtual account disertai dengan pembayaran denda aktivasi sebesar Rp. 50.000
  • Setelah melakukan pembayaran, segera menuju helpdesk dengan menunjukan bukti pembayaran kepada petugas jaga atau kirim bukti pembayaran ke WhatsApp Helpdesk (24 Hours) 081298600896 atau WhatsApp Billing (Office Hours) 08111604422.
  • Pastikan ada seseorang yang menunggu di unit.

Advance adalah pembayaran yang dilakukan dimuka oleh Penghuni ATR untuk jangka waktu yang ditentukan. Pembayaran tersebut akan dialokasikan oleh Billing Collection team pada akhir bulan sebelum terbit billing.

Metode pembayaran advance ada 2 yaitu :
1. Advance Kasir

  • Hubungi / datang ke tenant relation BPATR untuk dibuatkan lampiran pengajuan advance. ( pastikan lampiran dan nominal yang dibuat  sesuai dengan yang diinginkan ). 
  • Lampirkan pengajuan dan nominal yang di buatkan oleh tenant relation pada saat transaksi di kasir.
2. Advance Virtual Account
  • Hubungi pihak billing collection untuk mengajukan pembuatan nomor khusus pembayaran VA advance.
  • Nomor virtual account akan updatesetelah pihak Billing Collection mengunggah nominal advance.

Common Area adalah beban listrik area bersama yang dikenakan oleh BPATR ke Penghuni ATR untuk penerangan public area.

Karena Common Area adalah biaya yang akan digunakan untuk Penerangan Bassement, Penerangan sekitar ATR (Podium, Lift, Lobby, Koridor setiap lantai, Taman, dan Pompa Air).

Karena pada saat unit kosong atau tidak dihuni, Penghuni tidak melakukan pembelian listrik dan CA sedangkan fasilitas sekitar ATR tetap berjalan atau digunakan. Sehingga tagihan CA harus tetap dibayarkan.

Berikut kami lampiran SK Keputusan Pengurus mengenai ketetapan perhitungan beban listrik dan penagihan tunggakan  listrik area bersama ATR.

Mengapa harus melakukan pembayaran Tagihan CA lama?">
Mengapa harus melakukan pembayaran Tagihan CA lama?">
Mengapa harus melakukan pembayaran Tagihan CA lama?">
Mengapa harus melakukan pembayaran Tagihan CA lama?">

Bank DKI beroperasi pada :

Hari                 : Senin s/d Jum'at
Pukul               :  08:30 - 15:00 WIB
Jam Istirahat  : 12:00 - 13:00 WIB